07 September 2008

Antara Cimahi Dan Bandung

Secara geografis, budaya, dan sejarah Kota Cimahi memang tak lepas dari nama kota Bandung. Secara geografis batas wilayah kota Cimahi dan kota Bandung hampir tak terlihat, padatnya kedua kota itu menjadi salah satu faktor penyebab samarnya perbatasan, karena padatnya pemukiman dan bangunan komersial merambah sampai keperbatasan kedua kota tersebut. Selain kedua kota ini termasuk kedalam daerah cekungan Bandung bersama dengan saudaranya yang lain yaitu Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, sehingga kawasan cekungan kerap dipanggil dengan sebutan Bandung Raya.
Secara budaya dan sejarah jelas kedua kota ini banyak kesamaan, suku sunda adalah warga asli kedua kota ini dan sekarang kedua kota ini menjadi sebuah kota yang heterogen akibat dari urbanisasi. Hal yang wajar karena kedua kota ini juga menjadi kota industri yang tentu saja akan menarik minat para pendatang dari luar kedua kota tersebut.
Dulu sebelum Cimahi menjadi sebuah kota yang otonom, sempat ada wacana untuk menyatukan kedua kota ini, yaitu Cimahi dimasukkan kedalam wilayah administrasi kota Bandung untuk menciptakan sebuah kota metropolitan, indikasinya sempat terlihat ketika Cimahi yang dulu masih berada dalam wilayah kab.Bandung memberikan sebagian wilayah diperbatasan kepada pemkot Bandung.
Namun penyatuan itu tidak terjadi karena Cimahi lebih memilih menjadi kota yang mandiri pada tahun 2001.
Jadi perbedaanya adalah Bandung adalah sebuah kota besar yang padat dan Cimahi adalah kota kecil yang padat. Bandung adalah kota yang Cukup tua dan Cimahi tentu saja kota yang masih muda, namun secara administatif kedua kota ini satu tingkat..sama-sama daerah tingkat II yang dipimpin oleh seorang walikota.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...