11 September 2008

Kelurahan Cigugur Tengah Cimahi

Cigugur Tengah adalah nama sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi dengan luas wilayah sekitar 235,13 ha. Berbatasan dengan Jl.Amir Machmud di utara, sementara di barat berbatasan dengan Pusdikpal, Pusdikpom, serta wilayah kelurahan Baros. Sedangkan di timur dan selatan dibatasi oleh Jl. Mahar Martanegara.
Cigugur Tengah adalah kelurahan terpadat di kota Cimahi, penduduknya hampir mendekati angka 50.000-an. Kepadatan penduduknya juga dapat tergambar dari rapatnya pemukiman penduduk dari 19 RW yang ada di kelurahan ini. Banyaknya pabrik yang berada di sekitar wilayah Cigugur Tengah mengundang minat para pendatang yang banyak bekerja dipabrik-pabrik tersebut untuk bermukim di sini. Penduduk pribumi yang membaca peluang bisnis penyewaan rumah segera membangun rumah-rumah untuk disewakan kepada para pendatang tersebut. Bahkan banyak pula dari para pendatang tersebut yang telah mampu membeli dan membangun rumah sendiri. Hal ini tentu menjadi salah satu penyebab padatnya pemukiman di Cigugur Tengah.
Melihat fenomena tersebut pemerintah Kota Cimahi pun turun tangan diantaranya dengan membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Cìgugur Tengah, tepatnya di kampung Ciputri.
Kantor Kelurahan Cigugur Tengah berada di Jl.RH.Abdul Halim, kantor yang berupa gedung berlantai dua ini cukup megah dan representatif untuk ukuran sebuah kantor kelurahan. Berbagai organisasi pun banyak yang berkantor di gedung ini, diantaranya Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat, dan lain-lain. Saat tulisan ini dibuat lurah yang memimpin kelurahan Cigugur Tengah adalah Drs.Ahmad Nuryana.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...