16 June 2008

Jl.Gandawijaya

Gandawijaya adalah sebuah nama jalan di kota Cimahi yang membentang dari alun-alun di utara hingga pasar antri di selatan, meskipun tak terlalu panjang namun dulu jalan ini pernah menjadi primadona belanja warga Cimahi dan daerah-daerah disekitar Cimahi seperti Padalarang,Rajamandala,Cililin,parongpong,Cisarua,Margaasih dan lain-lain. Hal ini disebabkan selain keberadaan toko-toko, disepanjang jalan gandawijaya ini pun digunakan oleh para pedagang kaki lima yang jumlahnya mencapai ribuan, perputaran uangnya pun bisa mencapai miliaran rupiah, angka yang besar untuk ukuran kaki lima di sebuah kota kecil seperti Cimahi.
Namun sejak tahun 2005 walau sempat memberi perlawanan akhirnya para pedagang kaki lima harus menyingkir dari jl.gandawijaya,karena kebijakan pemerintah kota Cimahi yang akan menghidupkan jalan ini untuk di lalui kendaraan umum.
Wajah jalan gandawijaya kini telah berubah, tak ada lagi gerobak-gerobak dan tenda-tenda warna warni para pedagang kaki lima yang dulu menghiasi sepanjang jalan ini, sehingga tampilan depan barisan pertokoan jelas terlihat. Dulu jalan ini bukan rute untuk kendaraan umum, tapi sekarang telah menjadi salah satu jalan utama yang di lalui berbagai kendaraan,terutama dari arah Bandung menuju arah jakarta, tetapi kendaraan dari jakarta tidak melalui jalan ini.
Usaha pemerintah kota Cimahi dalam menata jalan gandawijaya sudah bagus, tapi sayang pemkot kurang memperhatikan nasib Para pedagang kaki lima yang terkena imbas dari penataan jalan gandawijaya tersebut.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...