17 June 2008

Kampung Nyontrol

Nyontrol adalah nama sebuah kampung yang terletak di bagian paling barat kelurahan Cigugur tengah, berbatasan dengan perumahan Taman Mutiara di utara, Pusdikpal di barat, kp sukanampa di timur dan jalan kereta api Bandung-Jakarta di selatan.
Penduduknya heterogen, ini di karenakan banyak pendatang dari luar kota Cimahi yang menetap di kampung ini, baik yang menyewa atau bahkan yang membeli rumah untuk menjadi warga kampung ini. Hal ini tak lepas dari perkembangan industri di kota Cimahi hingga menarik minat para pendatang dari luar kota.
Dengan banyaknya warga yang membangun rumah kontrakan dan rumah-rumah baru lainnya maka kampung Nyontrol pun menjadi padat dan sesak, tanah kosong sekarang sulit di jumpai di kampung ini, karena yang tersisa tinggal sedikit.
Mata pencaharian warga nyontrol sangat bervariasi, namun yang paling dominan dikalangan dewasa atau usia 40-60 tahunan adalah sebagai Pegawai Negri Sipil, kebanyakan di pusat-pusat pendidikan militer seperti Pusdikpal, Pusdikhub dan lain-lain. Demikian juga warga usia 6o tahun ke atas yang kebanyakan adalah pensiunan tentara atau PNS di pusat-pusat pendidikan militer yang tersebar di kota Cimahi. Sementara di kalangan mudanya kebanyakan bekerja sebagai buruh pabrik dan instansi swasta lainnya.
Itulah gambaran sekilas kampung Nyontrol yang merupakan potret kecil dari perkembangan kota Cimahi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...