11 July 2008

Kuburan Jawa

Di tengah kepadatan pemukiman penduduk kampung Babakan Reog Rw.04 kelurahan Cigugurtengah ada sebuah tempat pemakaman umum yang dikenal dengan nama kuburan Jawa, secara resmi pemakaman ini memang tidak mempunyai nama, namun karena hampir 90% orang meninggal yang dikubur disini adalah orang Jawa, maka tempat pemakaman ini terkenal dengan sebutan Kuburan Jawa.
Sementara itu hanya segelintir saja dari warga sekitar yang meninggal dimakamkan ditempat ini, karena kebanyakkan datang dari kampung Sukamaju Rw.02 Cigugurtengah, karena tanah pemakaman ini telah menjadi hak milik suatu organisasi pengurus kematian di kampung Sukamaju.
Pengurus organisasi ini memungut uang kematian kepada warga yang menjadi anggotanya setiap tahun.
Saat ini kondisi kuburan Jawa sudah sangat padat, hampir tak ada lagi ruang kosong di areal pemakaman ini, jarak antara makam yang satu dengan makam lainnya terlihat rapat, sehingga kalau tidak hati-hati kita akan banyak melangkahi atau bahkan menginjak makam-makam tersebut.
Terlepas dari kontroversi boleh tidaknya makam atau kuburan itu ditembok, pada kenyataannya kelak kuburan jawa tak akan lagi mampu menampung mayat yang akan dimakamkan ditempat ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...